STRUKTUR PASAR

12 Jun

<Rangkuman dari http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar dengan bahasa sendiri>

Struktur pasar adalah penggolongan pasar berdasarkan strukturnya, sehingga dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

  • Pasar Persaingan Sempurna

Suatu pasar yang dikunjungi oleh banyak konsumen yang di dalamnya menjual barang yang bersifat homogen. Mengenai harga dari masing – masing barang juga tergantung pada hasil penawaran dan permintaan antara penjual dan pembeli, sehingga pasar ini tidak akan mempengaruhi harga karena bersifat penerima harga saja. Secara barang bersifat homogen maksutnya adalah tidak dapat dibedakan, karena barang terlihat identik dan pembeli tidak bisa membedakan barang tersebut berasar dari produsen A, B atau C. oleh karena itu pasar ini juga tidak terpengaruh dari iklan – iklan dari berbagai produk.

  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Dalam persaingan pasar ini dibedakan menjadi beberapa bagian lebih spesifik lagi, yaitu :

  • Pasar Monopoli

Di dalam pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga bebas memasang harga, dan karena itulah pasar ini di sebut monopolis. Penjual dapat dengan leluasa menambah atau mengurangi harga suatu barang. Biasanya tergantung dengan hasil produksinya, apabila hasil produksi sangat sedikit maka harga akan melangit, begitu pula sebaliknya. Akibatnya juga para konsumen akan menunda atau bahkan tidak akan membeli barang tersebut, oleh karena itulah para penjual tidak akan memasang harga terlalu tinggi.

Berikut adalah beberapa monopoli yang dilarang :

  1. Monopoli by Law
  2. Monopoli by Nature
  3. Monopoli by Lisence
  • Pasar Oligopoli

Pasar yang didalamnya terdapat suatu penawaran terhadap suatu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan, biasanya lebih dari 2 perusahaan tetapi kurang dari 10 perusahaan. Dalam pasar ini, kegiatan marketing meliputi pemasangan iklan, diskon, promosi, dll memegang fungsi primer, maksutnya adalah dari cara ini perusahaan yang termasuk di dalamnya mendapatkan keuntungan, bagi perusahaan yang hanya diam saja jangan berharap mendapatkan konsumen, karena tidak akan dikenal oleh konsumen. Struktur pasar ini  terbentuk dari pada industry – industry yang memiliki capital yang tinggi seperti industry semen, dll.

  • Pasar DuoPoli

Di dalam pasar ini sebenarnya hampir sama dengan oligopoly, yang membedakan adalah adanya 2 penawar, kalau oligopoly hanya ada 1 penawar saja.

  • Pasar Persaingan monopolistic

Bentuk pasar yang didalamnya terdapat banyak produsen yang menghasilkan banyak barang yang sejenis tetapi memiliki perbedaan pada kenyaataannya dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar ini tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki perbedaann aspek, contohnya adalah : shampoo, sabun mandi, pasta gigi dan lain – lain. Kelebihannya adalah produsen berpacu – pacu untuk berkreasi dalam menghasilkan barang produksi. Namun karena itu pula sehingga terbuka persaingan yang begitu ketat, sehingga terjualnya suatu barang produksi dikarenakan banyak faktor.

  • Pasar Monopsoni

Dalam kegiatan sehari – hari dari pasar ini, penerima pasokan atau pembeli hanya terdapat 1 pembeli atau bisa dikaatakan pembeli tunggal. Biasa terjadi pada daerah perkebunan, peternakan, dll. Terjadinya tawar menawar bagi petani adalah nonsen, sehingga tingkat kesejahteraan petani bisa berpengaruh.

  • Pasar Oligopsoni
    Pasar yang didalamnya terdapat dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komonditas

Leave a comment