ORGANISASI UNIT O DAN M

4 Jan

Rangkuman  dan tambahan tanggapan pribadi<berdasarkan materi + tanggapan pribadi mengenai staffing O&M>

Unit O dan M (Organisasi dan Metode) mempunyai fungsi sebagai kegiatan penunjang bagi pimpinan agar dapat mencapai organisasi yang efisien, tata kerja, procedure kerja dan system kerja dengan mengupayakan pemakaian yang seefisien mungkin terhadap sumber – sumber yang dipunyai perusahaan baik tenaga kerja, uang, material, maupun alat – alat yang dibutuhkan.

Manfaat Unit O dan M adalah sbb:

  • Peningkatan managerial skill karena melakukan kegiatan manajemen dengan sebaik – baiknya.
  • Penerapan alat – alat yang sangat tepat sesuai kebutuhan.
  • Terbinanya organisasi dengan memanfaatkan dinamika organisasi demi kemajuan dan pengembangan organisasi.

Hambatan dari unit O dan M :

  • Memakan waktu dan biaya yang relative besar.
  • Cap keragu – raguan karena sering terjadi perubahan pengembangan kegiatan.
  • Fasilitas dan data analisis yang kurang memadai.
  • Kurangnya dana pembiayaan kegiatan O & M.
  • Pengumpulan data analisis yang tidak tepat.

Staffing O&M merupakan pelaksanaan fungsi manajemen pengorganisasian, dimana staffing merupakan kegiatan untuk mengisi dan mencari orang – orang untuk menduduki jabatan yang ada pada unit O&M. Pengisian kedudukan jabatan tersebut harus dilakukan dengan melihat kondisi seseorang baik secara fisik maupun mental. Mengapa demikian ?? hal tersebut berfungsi agar dalam pengorganisasian tidak ada yang namanya salah tempat dengan kemampuan basic dari seseorang tersebut. Karena hal itu dapat menunjang berkembangnya seseorang jika di taruh pada posisi yang sesuai dengan basic mereka masing – masing. Jika itu terjadi, maka impact nya juga pada organisasi, karena semakin berkembang sumber daya manusia maka akan membantu mencapai tujuan organisasi dengan waktu yang relative singkat.

Disamping itu adanya staffing O&M membantu organisasi dalam menyeimbangkan antara pekerjaan yang diembankan dengan jumlah staff yang diperlukan, jika tidak ada unit ini maka akan timbul 2 kondisi berkebalikan, berikut adalah penjelasan dari kondisi – kondisi yang dimaksud :

  • Jika SDM lebih besar daripada pekerjaan

Secara pekerjaan memang akan lebih cepat selesai, tapi secara pembagian hasil akan berkurang mengikuti dari berapa banyak SDM yang ikut serta pada project tersebut. Semakin banyak yang ikut serta maka pembagian hasil juga semakin kecil.

  • Jika SDM lebih kecil daripada pekerjaan

Impact nya adalah pekerjaan yang diemban akan lama selesainya, sehingga dalam pencapaian tujuan pun organisasi tersebut akan memakan waktu lama.

Leave a comment