RUANG LINGKUP EKONOMI

5 Jun

<Berdasarkan sumber(terlampir dibawah) yang di olah dengan bahasa sendiri>

Pengertian ekonomi itu sendiri sangat bermacam – macam, salah satunya adalah “semua yang menyangkut tentang segala kehidupan manusia baik secara individu, Negara maupun internasional”. Segalanya tentang kehidupan manusia, di dalamnya termasuk tentang kebutuhan manusia yang merupakan suatu tuntutan untuk dipenuhi. Kebutuhan manusia dapat dilihat dari beberapa segi, dimana cara pemenuhannya manusia memerlukan bantuan manusia lain dalam bentuk barang ataupun jasa.

Kebutuhan manusia dapat kita golongkan menjadi 2 bentuk umum sesuai dengan pengelompokkan bidang ekonomi, yaitu :

  • Kebutuhan Ekonomi : Kebutuhan semua barang untuk melanjutkan hidup sehari – hari yang dapat di nilai dengan uang.
  • Kebutuhan Non Ekonomi : Semua kebutuhan yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Dari kebutuhan yang timbul, akan muncul beberapa masalah yang mungkin dapat terjadi daam pemenuhan kebutuhan tersebut, diantaranya adalah :

  1. What à Apa dan berapa yang di produksi untuk memenuhi kebutuhan manusia

Dalam kesehariannya manusia membutuhkan barang – barang produksi untuk memenuhi kebutuhannya masing – masing dan sangat beremacam – macam, untuk dapat memenuhi semua kebutuhan manusia, kita harus memproduksi barang melebihi dari jumlah manusia yang membutuhkan produksi tersebut. Hal itu dapat kita simpulkan bahwa tak akan ada manusia yang kekurangan produksi tersebut. Kemudian barang – barang produksi apa saja yang harus di buat ? untuk menjawab hal tersebut diperlukan riset barang paling diperlukan manusia setiap harinya.

  1. How à bagaimana cara memproduksi kebutuhan manusia tersebut

Jika point pertama sudah terjawab, maka step selanjutnya adalah bagaimana menciptakan produksi untuk memenuhi kebutuhannya, hal tersebut berkaitan erat dengan teknologi yang berkembang saat ini guna mempermudah dalam memproduksi barang, bahan – bahannya pun juga perlu di bentuk agar tercipta barang produksi yang layak pakai.

  1. Who à untuk siapa produksi tersebut diciptakan.

Jika barang sudah terproduksi, maka untuk kalangan manakah barang tersebut akan dialokasikan, karena setiap golongan orang baik di golongkan berdasarkan iklim, suhu, daratan, dll sudah berbeda antara manusia yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu harus tepat sasaran.

Setelah mengetahui ketiga masalah di atas, maka suatu Negara memerlukan suatu system ekonomi untuk memecahkan masalah tersebut secara efisien. Secara umum system ekonomi berarti himpunan dari semua kokmponen yang saling mendukung untuk mencapai tujuan tertentu (dalam hal ini produksi barang kebutuhan manusia). Didalam system ekonomi sudah terdapat cara bagaimana suatu Negara mengelola semua sumber daya alam yang dipunya untuk di alokasikan sebagai bahan pembentukan barang kebutuhan guna memenuhi kebutuhan rakyat dari Negara tersebut.

Banyak bentuk system ekonomi yang dianut oleh Negara – Negara, dimana secara garis besar dapat ditarik menjadi 3 kelompok, yaitu :

  • Kapitalis

Dimana sang pemilik modal dapat meraih keuntungan sebesar – besarnya. Ex : USA

  • Sosialis

Dimana terdapat penghapusan kepemilikan hak pribadi, prinsip ekonomi yang menekankan agar status kepemilikan swasta dihapuskan dalam beberapa komoditas penting dan menjadi kebutuhan masyarakat banyak. Contoh : Rusia, China, dan Yugoslavia.

  • Komunis

Yakin terhadap prinsip sendiri, dimana alat – alat produksii harus di kuasai oleh negara tetapi dengan tujuan untuk kemakmuran rakyatnya sendiri. Contoh : Vietnam, Korea Utara, Laos, dan Kuba.

 

sumber :

1. elearning.gunadarma.ac.id
2. ocw.gunadarma.ac.id

Leave a comment